PERBANDINGAN AGAMA Tentang AGAMA KRISTEN
Oleh : Witry Yulia
STAI-YDI
LUBUK SIKAPING
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Agama
Kristen termasuk salah satu agama samawi yang dewasa ini merupakan Agama resmi
yang tersebar di Eropa dan Amerika. Agama ini dinamakan agama Kristen
disebabkan karna diambil dari nama pembawanya yesus Kristus, gelar kehormatan
keagamaan buat Nabi lsa a. s, menurut kepercayaan penganut Agama ini. Selain
itu besar kemungkinan agama ini disebut Agama Kristen sesuai dengan keterangan
kitab kisah Rasul-rasul fasal 11 ayat 26 yang berbunyi: "
pengikut-pengikut Yesus mula-mula disebut "orang Kristen" Antiochia
di zaman Paulus mengajar disana. Ketika itu Yesus sudah tidak ada lagi
ditengah-tengah pengikutnya.Paulus mengajarkan Yesus itu adalah Kristus. Oleh
karna itu penduduk Antiochia lalu menyebut Paulus dan pengikutnya-pengikutnya
dengan sebutan "Kristen" yaitu pengikut-pengikut kristus".
B.
Tujuan
Mengetahui
sejarah dan perkembangan agama Kristen.
BAB II
AGAMA KRISTEN
(KHATOLIK DAN
PROTESTAN)
Agama Kristen termasuk salah satu agama
samawi yang dewasa ini merupakan Agama resmi yang tersebar di Eropa dan
Amerika. Agama ini dinamakan agama Kristen disebabkan karna diambil dari nama
pembawanya yesus Kristus, gelar kehormatan keagamaan buat Nabi lsa a. s,
menurut kepercayaan penganut Agama ini. Selain itu besar kemungkinan agama ini
disebut Agama Kristen sesuai dengan keterangan kitab kisah Rasul-rasul fasal 11
ayat 26 yang berbunyi: " pengikut-pengikut Yesus mula-mula disebut "orang
Kristen" Antiochia di zaman Paulus mengajar disana. Ketika itu Yesus sudah
tidak ada lagi ditengah-tengah pengikutnya.Paulus mengajarkan Yesus itu adalah
Kristus. Oleh karna itu penduduk Antiochia lalu menyebut Paulus dan
pengikutnya-pengikutnya dengan sebutan "Kristen" yaitu
pengikut-pengikut kristus".
Selain Kristen agama ini juga disebut
Nashrani. lstilah Nashrani berasal dari nama Nazaret yaitu desa kecil yang
terletak dikaki sebuah bukit sebelah selatan Yerussalem tempat kelahiran Nabi
lsa.
Agama yang dibawa Nabi lsa disebut orang
Nashara, sebenarnya beliau tidaklah membawa Agama baru, hanya beliau
melanjutkan agama yang dibawa oleh Nabi Musa a.s, yang pokok hukumnya
diterangkan dalam Taurat. Pada hakekatnya agama Kristen adalah agama yang
berlandaskan Tauhid murni dan logis. Tapi orang Nashrani menjadikan suatu agama
yang bersifat syirik dengan meniru tiga dalam tunggal (Trinitas).
Siapakah Paulus
itu?
Palus seorang bangsa Yahudi bernama Saul
turunan suku Benyamin, selain mengalami pendidikan Taurat yang dianutnya dengan
fanatik, dia juga mengalami pendidikan ala Romawi serta pendidikan dan
pengajaran filsafat Yunani. Dia sendiri termasuk penganut aliran Farisi
(Farusyin) yaitu golongan yang sangat anti kepada ajaran Nabi lsa.Ketika Nabi
lsa menyiarkan pengajarannya, Paulus sendiri termasuk penentang yang paling
keras dan kejam.
Menurut cerita bahwa ketika Nabi lsa
sudah tidak ada lagi di palestina, maka Paulus sendiri mendapat tugas membasmi
dan menangkap pengikut-pengikut Almasih yang lari ke Damsyik. Tetapi ketika dia
pulang ke Palestina dia tidak kembali kepada pemerintah Romawi dan orang Yahudi
yang memberi tugas, tetapi dia pergi ketempat-tempat beribadat orang-orang
Nashrani.
Disitu dia memperlihatkan dirinya telah
menganut Agama Nashrani. Orang Nashrani bertanya kepadanya : " kenapa tuan
datang ketempat ini, padahal tuan benci kepada pengajaran yang kami anut"?
Saul mengatakan bahwa kertika ia pergi
ke Damsyik dia telah melihat ditengah hari cahaya memancar dari langit, Saul
jadi gemetar, Kemudian terdengar suara dari langit, wahai Saul apa sebab engkau
aniaya aku, engkau lawan murid-muridku sebenarnya akulah yang engkau aniaya
Lalu aku menyahut " kata Saul" Siapakah engkau ini ya Tuhan"? dan terdengarlah olehku
suara sabda Tuhan: Akulah Yesus yang telah engkau aniaya itu Sukarlah bagimu
sekarang ini menghindarkan dosa. Maka selanjutnya Saul berkata : aku segera
kembali dari Damsyik dengan sadar dan bertaubat dan terus ketempat ini bersama
kamu”
Mula-mula orang Nashrani tidak percaya
dan tidak suka kepada Paulus.Tetapi oleh karna kepandaiannya berbicara dan
bergaul dengan mereka, akhirnya orang banyak itu percaya juga.
Dipelajarinya Agama Nashrani sampai
mengerti , kemudian ia pergi mentabligkannya, tidak hanya di Palestina tetapi
juga dibeberapa negri yang jauh seperti Antogia dan lain. Setelah orang banyak
itu percaya kepadanya, dimasukkannyalah perobahan-perobahan kedalam agama
Nashrani. Diantaranya la katakana bahwa: Isa Almasih itu bukanlah manusia
biasa, tetapi dia anak Tuhan. Perhatikanlah lbu yang melahirkannya seorang
wanita suci, la telah hamil bukan karna persentuhan dengan laki-laki biasa,
tetapi Tuhan sendiri rnenitipkan anaknya kedalam Rahim sitti Maryam.
Buat apa lsa Almasih dilahirkan kemuka
bumi? paulus mengatakan : untuk menembus dosa Nabi Adam dan siti Hawa serta
semua turunannya. oleh karna Nabi Adam telah berdosa besar melanggar larangan
Tuhan, maka semenjak itu nabi Adam dan semua anak cucunya telah mewarisi dosa
kedua nenek moyang mereka. semenjak itu Tuhan berfikir, memikirkan apa tindakan
yang akan dilakukan terhadap Adam dan anak cucunya.
Tuhan bersifat Maha adil, dan maha
pengasih penyayang.Menurut hukum keadilan, Adam dan anak cucunya wajib dihukum
laknat dan ditumpas.Tetapi menurut hukum kasih sayang Adam dan anak cucunya
wajib dimaafkan saja.
LamaTuhan berfikir sampai beribu tahun
sebelum mendapatkan kepastian, akhirnya dizaman Siti Maryam Tuhan melihat orang
wanita suci, lalu dititipkannyalah anak kedalam Rahim Maryam.
Setelah masuk masa kandungannya lahirlah
lsa Almasih Bertubuh sebagai manusia karena ibunya manusia, dan hakikatnya
adalah Tuhan karna dia putra yang dititipkan Tuhan. Kemudian Ia menyampaikan
pengajaran kepada manusia. Orang-orang yang membencinya telah menghukum dan
menyalibnnya. Memang Tuhan mengirimkannya untuk disalibkan gunanya untuk menembus dosa Nabi Adam dan
seluruh anak cucuya. Demikianlah keyakinan yang diajarkan Paulus.
Adapun sari ajaran agama Paulus yang
terkenal dalam agama Kristen ini adalah:
1.
Agama
masehi bukan untuk orang yahudi saja, tetapi adalah untuk seluruh
bangsa-bangsa.
2.
Tri
Tunggal, tiga Tuhan dalam satu termasuk ketuhanan Almasih dan ketuhanan Roh
kudus,
3.
Wujud
isa sebagai anak Tuhan dan turunannya kebumi untuk menebus dosa dari manusia.
4.
Isa Al-Masih bangkit dari alam mait untuk
duduk-duduk dikanan AyahnYa memerintah manusia.
Kitab Suci Agama Nasrani
Nabi lsa diberi
Tuhan sebuah kitab bernama lnjil, untuk disampaikan kepada kaum Bani israil.
Kedatangan Isa tidaklah membatalkan hukum Taurat. Bahkan Nabi lsa sendiri berkata bahwa Aku datangtidak akan merobah
hukum Taurat bahkan setitik ataupun sebaris sampai dunia ini kiamat. Hokum
Taurat itu akan ditegakkan.
Injil artinya
khabar suka atau berita gembira, jika dilihat dari segi bahasa, kata-kata lnjil
berasal dari bahasa Yunani. orang-orang kristen sekarang menamai Injil dengan
perjanjian
baru atau Wasiat baru.
Adapun yang dimaksud dengan lnjil wasiat
baru oleh umat Chrisstus sekarang ialah:
1.
lnjil
Matius ditulis tahun 50
2.
lnjil
Markus ditulis tahun 70
3.
lnjil Lukas ditulis tahun 95
4.
Injil YahYa ditulis tahun 100
Isi keempat lnjil itu bukanlah merupakan
firman Tuhan kepada Nabi lsa, tapi hanyalah karangan manusia biasa yang
mengisahkan kelahiran Nabi lsa, kehidupannya
pengajarannya,
dan penderitaannya.
Selain ke empat lnjil yang diatas, masih
ada beberapa lnjil lain, yang isinya membentangkan sejarah kehidupan dan
pengajaran Almasih. Tetapi lnjil-injil yang lain itu telah dibatalkan
pemakaiannya semenjak abad kedua (180 M) oleh Gereja-gereia Kristen. Hanya ke
empat lnjil yang diatas itu sajalah yang diakui, sampai sekarang.
Larangan pemakaian lnjil yang lain itu,
karna isinya lebih menjelaskan pengajaran Almasih yang asli (Tauhid), sedang
yang empat itu lebih cocok dengan faham-faham mereka Yang menganut Trinitas.
Adapun lnjil-injil yang dibatalkan adalah:
1.
lnjil
Petrus
2.
lnjil
Kopty
3.
lbrani
4.
lnjil
Barnaba.
Barbana menjelaskan sebab-sebab yang
mendorongnya untuk mengarang Injil ini dalam mukadimah yang ditulisnya didalam
Injil tersebut yang isinya sebagai berikut:
“
Hai saudara-saudaraku yang tercinta! Sesungguhnya Allah Yang Maha Besar telah
mengambil Nabinya dewasa ini dari kalanganan kita, yaitu Yesus yang didatangkan
dengan Rahmat yang sangat besar untuk mengajar dan sesungguhnya, ayat-ayat
telah di jadikan setan alat yang menyesatkan orang banyak dengan alasan taqwa,
mengajar mereka supaya sangat kufur mendakwakan bahwa Al Masih adalah anak Allah dan menolak khitan yang
selalu diperintahkan oleh Allah, serta memperbolehkan semua daging yang
najis.Di antara mereka yang sesat itu adalah paulus. Kami merasasedih bila
berbicara tentang dia. Sebenarnya kerena dialah kami menulis kebenaran ini yang
kami dengar dan yang kami lihat waktu kami bergaul dengan Yesus supayakamu
selamat dan tidak disesatkan setan sehingga kamu musnah dalam penyiksaan
Allah.Oleh karena itu waspadalah terhadap semua orang yang menyeru ajaran baru
kepadamu yang bertenbtangan dengan apa yang kami tulis agar kamu selamat
selamnya.
Berbana menjelaskan pendakwaan ketuhan
Al masih dimulai pada waktu Al Masih hidup karena mukjizat-mukjizatnya dan
haluanya kearah menghidupkan orang-orang mati serta menyembuhkan orang
berpenyakit belang dan sebagainya yang tidak dialami oleh manusia sebelumnya.
Barnana berkata, “yesus pada tahun kedua
turun dari tugas kenabiannya dari Jerussalem ke Naiin. Ketika beliau mendekat
ke pintu kotatersebut, penduduK kota itu membawa seorang anak tunggal seorang
janda kekuburan dan setiap orang meratapinya. Ketika yesus sampai disitu,
orang-oran mengetahui bahwa yang datang itu adalah Yesus, nabi yang terhorrnat,
karna itu mereka bermohon sungguh-sungguh kepadanya agar beliau menghidupkan
mayat itu karna beliau adalah seorang nabi. Maka Al-Masih tampil dihadapan ibu
mayat itu seraya berkata kepadanya dengan penuh kasihsayang, janganlah kamu.
Menangis ,hai wanita!’ selanjutnya beliau memegang tangan simayat itu dan
berkata, saya berkata kepadamu, hai pemuda, diatas nama Allah berdirilah
segera. ‘anak itupun sadar”
Kejadian-kejadian lsa menyembuhkan
orang-orang sakit dan
Menghidupkan
orang mati berulang-ulang terjadi, Kejadian ini menarik manusia untuk merasa
dan menyatakan bahwa la adalah Tuhan, padahal lsa sendiri menginkarkan
ketuhanannya dan berteriak dimuka mereka yang sesat itu karna
Mereka
tetah jauh dari kebenaran.Tapi, Paulus menerima anggapan-anggapan itu dan dialahnya,
menjadi suatu filsafat dan disiarkannya dengan giat setelah ia mengaku dirinya
seorang rasul dan ia berbicara diatas nama Al-Masih.
Adapun perbedaan lnjil ini dengan lnjil
yang empat adalah:
1.
BahwaYesus
mengingkari ketuhanannya dan juga mengingkari
bahwa ia adalalah anak Tuhan.
2.
Bahwa
anak yang dikorbankan oleh Ibrahim ialah Ismail bukan Ishak.
3.
Bahwa
Al Masihyang dinanti-nanti bukan yesus tetapi Muhammad.
4.
Bahwa
tidak disalib tetapi diangkat ke
langit,dan disalib itu adalah judas yang diserupakan dengannya.[1]
5.
lnjil
Barnaba dengan tegas menyatakan bahwa bersunat/ khitan itu wajib.
Syiar agama Kristen yang terpenting bagi mereka
adalah:
1.
Babtis
:caranya menyiramkan air kekening seseorang, atau merendamkan salah Satu
anggota badannya kedalam air, atau memandikan seluruh tubuhnya. Babtis ini
dilakukan oleh pendeta, yang membabtiskan diatas nama Bapak, anak dan Roh
kudus.
2.
Santapan
malam ketuhanan: jamuan dimalam itu,seperti telah disebutkan ialah roti,
anngur/arak, yang menurut keyakinan mereka, roti itu akan menjadi tulang dan
daging Yesus dan anngur/arak itu akan menjadi darahnya.
3.
Kesucian
salib dan memakainya.
Dengan
berkembang dan tersebar luasnya agama Kristen di dunia Eropa bahagian selatan
dan tengah, muncullah suatu cita-cita
baru dari kalangan para pemimpin agama, negarawan dan cendikiawan untuk
mempengaruhi Negara-negara lain dalam bidang keagamaan, kepercayaan,
kebudayaan, adat istiadat dan politik kenegaraan. Pada waktu itu Negara-negara
Eropa terbagi atas dua kekaisaran yaitu kekaisaran Romawi timur dan kekaisaran
Romawi barat yang satu sama lain saling berlomba untuk menanamkan pengaruhnya
pada Negara-negara yang berdekatan.
Pada tahun 1054
M, dimana secara terpisahkan Gereja menjadi Rum Khatolik yaang berpusat di Roma
dan Yunani dan Khatolik yang berpusat di Konstantinopel. Pembagian gereja ini
menjadi sector besar didasarkan kepada letak daerah kekuasaan, politik,
pemerintahan Negara, kebudayaan, organisasi gereja dan pemahaman para ahli
agama pada Al-kitab.
Perkembang
selanjutya dari Agama Kristen ini terus mengalami pertentanggan- pertentangan
sehingga menimbulkan perpecahan. Yang sangat sengit adalah perpecahan Gereja
Barat ( Gereja Roma Katholik). Sebab-sebab timbulnya perpecahan itu adalah:
1.
Paus
bertindak sudah melampau batas-batas wewenangnya. Artinya sudah Seperti raja
yang ingin mengurus soal-soal keduniawian, tidak hanya sebagai pemimpin
kerohaniaan saja.
2.
Paus
sudah bertindak banyak diluar batas yang sudah ditetapkan kitab suci.
3.
Paus
sudah berani menganjurkan kepada semua umat Kristen supaya membeli Surat-surat
pengampunan, penembus dosa secara besar-besar.
Berdasarkan
tindakan-tindakan Paus itu maka timbullah reaksi-reaksi ketidak senangan rakyat
terhadap tindakan Paus itu secara resmi mencapai puncaknya pada tahun 1517 M.
Roma Khatolik mengalami perpecahan yakni
menjadi Rum Khatolik dan Protestan Perpecahan itu terjadi pada tanggal 31
Oktober 1517, yang dipelopori.oleh Luther yang berpangkal pada masalah
penjualan surat penghapusaan siksa oleh Paus.
Adapun
perbedaan antara Khatolik dan Protestan ialah:
1.
Protestan memberi kebebasan kepada para
pengikutnya untuk menyelidiki dan memahamkan lnjil walaupun sampai kepada
hal-hal yang mengenai kepercayaan. Sedang Khatolik melarangnya.
2.
Roma
Khatolik menganggap bahwa paus dan pendeta adalah orang-orang suci yang boleh
didibadati, karna itu mereka berhak menerima penebusan dosa dari seseorang
dengan pembayaran yang disukainya, begitupun pahala dan bahagia akhirat dapat
dibeli dari paus. Sedangkan Protesatan menentangnya.
3.
Khatolik
mengorganisir seluruh Gereja Khatolik dan semua penganutnya tunduk kepada
seorang lmam (paus) di Roma, sedang Protestan tidak.
4.
Khatholik
melarang para imam atau pendeta-pendetanya untuk kawin, sedang Protestah tidak
melarang.
5.
orang
Protestan menorak ajaran Katholik yang menganggap roti dan anggur dalam
penjamuan missa suci benar-benar akan menjadi tubuh dan darah Yesus kristus.
6.
Hak
antara orang biasa dan para imam dalam perjamuan suci bagi protestan sama saja,
sedang bagi Khatolik diperbedakan.
Itulah
perbedaan-perbedaan antara Khatolik dan Protestan. Adapun mengenai kepercayaan
tentang Tritunggal, tentang ketuhanan Isa, tentang kedatangannya untuk mehebus
dosa-dosa segenap manusia, tentang ia disalib, antara Khatolik dan Protestan
tidakada perbedaan.
Hari besar Kristen:
1.
Tanggal
25 Desember, yaitu hari natal, hari kelahiran Yesus Kristus.
2.
Tanggal
31 Maret, yaitu hari wafatnya Yesus Kristus.
3.
Tanggal
2-3 Aprii, yaitu hari raya Paskah kedua, dimana pada hari itu diperingati hari
kebangkitan Yesus datang menemui murid-muridnya.
4.
Tanggal
11 Mei, hari Mikrajnya Yesus kelangit sesudah empat puluh hari bangun dari
kubur.
5.
Pantekosta,
yaitu hari raya ke 50 sesudah hari raya paskah kedua.
6.
Tanggal
15 Agustus, yaitu hari raya Santa Maria.
Demikianlah
sekitar struktur/bentuk agama Kristen yang sudah berubah dari bentuknya yang
asli sebagaimana yang dinyatakan oleh ketiga kitab suci Agama Samawi yaitu
Taurat, Al-quran, dan lnjil itu sendiri.
BAB III
KESIMPULAN
Adapun sari ajaran agama Paulus yang
terkenal dalam agama Kristen ini adalah:
1.
Agama
masehi bukan untuk orang yahudi saja, tetapi adalah untuk seluruh
bangsa-bangsa.
2.
Tri
Tunggal, tiga Tuhan dalam satu termasuk ketuhanan Almasih dan ketuhanan Roh
kudus,
3.
Wujud
isa sebagai anak Tuhan dan turunannya kebumi untuk menebus dosa dari manusia.
4.
Isa Al-Masih bangkit dari alam mait untuk
duduk-duduk dikanan Ayahnya memerintah manusia.
Sebab-sebab
timbulnya perpecahan itu adalah:
1.
Paus
bertindak sudah melampau batas-batas wewenangnya. Artinya sudah Seperti raja
yang ingin mengurus soal-soal keduniawian, tidak hanya sebagai pemimpin
kerohaniaan saja.
2.
Paus
sudah bertindak banyak diluar batas yang sudah ditetapkan kitab suci.
3.
Paus
sudah berani menganjurkan kepada semua umat Kristen supaya membeli Surat-surat
pengampunan, penembus dosa secara besar-besar.
DAFTAR
PUSTAKA
Yakub,
A, T, 1993, Perbandingan Agama,
Padang : IAIN Imam Bonjol Padang.
Hakim,
A, 2006, Perbandingan Agama, Bandung
: CV Penerbit Diponegoro.
Syalabi,
A, , Perbandingan Agama-Agama Kristen, Bandung : PT.Al-Ma’arif.
.
0 komentar:
Posting Komentar