BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Kamis, 19 September 2013

PERBANDINGAN AGAMA Tentang AGAMA KRISTEN



PERBANDINGAN AGAMA Tentang AGAMA KRISTEN

Oleh : Witry Yulia
STAI-YDI LUBUK SIKAPING



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Agama Kristen termasuk salah satu agama samawi yang dewasa ini merupakan Agama resmi yang tersebar di Eropa dan Amerika. Agama ini dinamakan agama Kristen disebabkan karna diambil dari nama pembawanya yesus Kristus, gelar kehormatan keagamaan buat Nabi lsa a. s, menurut kepercayaan penganut Agama ini. Selain itu besar kemungkinan agama ini disebut Agama Kristen sesuai dengan keterangan kitab kisah Rasul-rasul fasal 11 ayat 26 yang berbunyi: " pengikut-pengikut Yesus mula-mula disebut "orang Kristen" Antiochia di zaman Paulus mengajar disana. Ketika itu Yesus sudah tidak ada lagi ditengah-tengah pengikutnya.Paulus mengajarkan Yesus itu adalah Kristus. Oleh karna itu penduduk Antiochia lalu menyebut Paulus dan pengikutnya-pengikutnya dengan sebutan "Kristen" yaitu pengikut-pengikut kristus".


B.     Tujuan
Mengetahui sejarah dan perkembangan agama Kristen.



BAB II
AGAMA KRISTEN
(KHATOLIK DAN PROTESTAN)

Agama Kristen termasuk salah satu agama samawi yang dewasa ini merupakan Agama resmi yang tersebar di Eropa dan Amerika. Agama ini dinamakan agama Kristen disebabkan karna diambil dari nama pembawanya yesus Kristus, gelar kehormatan keagamaan buat Nabi lsa a. s, menurut kepercayaan penganut Agama ini. Selain itu besar kemungkinan agama ini disebut Agama Kristen sesuai dengan keterangan kitab kisah Rasul-rasul fasal 11 ayat 26 yang berbunyi: " pengikut-pengikut Yesus mula-mula disebut "orang Kristen" Antiochia di zaman Paulus mengajar disana. Ketika itu Yesus sudah tidak ada lagi ditengah-tengah pengikutnya.Paulus mengajarkan Yesus itu adalah Kristus. Oleh karna itu penduduk Antiochia lalu menyebut Paulus dan pengikutnya-pengikutnya dengan sebutan "Kristen" yaitu pengikut-pengikut kristus".
Selain Kristen agama ini juga disebut Nashrani. lstilah Nashrani berasal dari nama Nazaret yaitu desa kecil yang terletak dikaki sebuah bukit sebelah selatan Yerussalem tempat kelahiran Nabi lsa.
Agama yang dibawa Nabi lsa disebut orang Nashara, sebenarnya beliau tidaklah membawa Agama baru, hanya beliau melanjutkan agama yang dibawa oleh Nabi Musa a.s, yang pokok hukumnya diterangkan dalam Taurat. Pada hakekatnya agama Kristen adalah agama yang berlandaskan Tauhid murni dan logis. Tapi orang Nashrani menjadikan suatu agama yang bersifat syirik dengan meniru tiga dalam tunggal (Trinitas).

Siapakah Paulus itu?
Palus seorang bangsa Yahudi bernama Saul turunan suku Benyamin, selain mengalami pendidikan Taurat yang dianutnya dengan fanatik, dia juga mengalami pendidikan ala Romawi serta pendidikan dan pengajaran filsafat Yunani. Dia sendiri termasuk penganut aliran Farisi (Farusyin) yaitu golongan yang sangat anti kepada ajaran Nabi lsa.Ketika Nabi lsa menyiarkan pengajarannya, Paulus sendiri termasuk penentang yang paling keras dan kejam.
Menurut cerita bahwa ketika Nabi lsa sudah tidak ada lagi di palestina, maka Paulus sendiri mendapat tugas membasmi dan menangkap pengikut-pengikut Almasih yang lari ke Damsyik. Tetapi ketika dia pulang ke Palestina dia tidak kembali kepada pemerintah Romawi dan orang Yahudi yang memberi tugas, tetapi dia pergi ketempat-tempat beribadat orang-orang Nashrani.
Disitu dia memperlihatkan dirinya telah menganut Agama Nashrani. Orang Nashrani bertanya kepadanya : " kenapa tuan datang ketempat ini, padahal tuan benci kepada pengajaran yang kami anut"?
Saul mengatakan bahwa kertika ia pergi ke Damsyik dia telah melihat ditengah hari cahaya memancar dari langit, Saul jadi gemetar, Kemudian terdengar suara dari langit, wahai Saul apa sebab engkau aniaya aku, engkau lawan murid-muridku sebenarnya akulah yang engkau aniaya Lalu aku menyahut " kata Saul" Siapakah engkau  ini ya Tuhan"? dan terdengarlah olehku suara sabda Tuhan: Akulah Yesus yang telah engkau aniaya itu Sukarlah bagimu sekarang ini menghindarkan dosa. Maka selanjutnya Saul berkata : aku segera kembali dari Damsyik dengan sadar dan bertaubat dan terus ketempat ini bersama kamu”
Mula-mula orang Nashrani tidak percaya dan tidak suka kepada Paulus.Tetapi oleh karna kepandaiannya berbicara dan bergaul dengan mereka, akhirnya orang banyak itu percaya juga.
Dipelajarinya Agama Nashrani sampai mengerti , kemudian ia pergi mentabligkannya, tidak hanya di Palestina tetapi juga dibeberapa negri yang jauh seperti Antogia dan lain. Setelah orang banyak itu percaya kepadanya, dimasukkannyalah perobahan-perobahan kedalam agama Nashrani. Diantaranya la katakana bahwa: Isa Almasih itu bukanlah manusia biasa, tetapi dia anak Tuhan. Perhatikanlah lbu yang melahirkannya seorang wanita suci, la telah hamil bukan karna persentuhan dengan laki-laki biasa, tetapi Tuhan sendiri rnenitipkan anaknya kedalam Rahim sitti Maryam.
Buat apa lsa Almasih dilahirkan kemuka bumi? paulus mengatakan : untuk menembus dosa Nabi Adam dan siti Hawa serta semua turunannya. oleh karna Nabi Adam telah berdosa besar melanggar larangan Tuhan, maka semenjak itu nabi Adam dan semua anak cucunya telah mewarisi dosa kedua nenek moyang mereka. semenjak itu Tuhan berfikir, memikirkan apa tindakan yang akan dilakukan terhadap Adam dan anak cucunya.
Tuhan bersifat Maha adil, dan maha pengasih penyayang.Menurut hukum keadilan, Adam dan anak cucunya wajib dihukum laknat dan ditumpas.Tetapi menurut hukum kasih sayang Adam dan anak cucunya wajib dimaafkan saja.
LamaTuhan berfikir sampai beribu tahun sebelum mendapatkan kepastian, akhirnya dizaman Siti Maryam Tuhan melihat orang wanita suci, lalu dititipkannyalah anak kedalam Rahim Maryam.
Setelah masuk masa kandungannya lahirlah lsa Almasih Bertubuh sebagai manusia karena ibunya manusia, dan hakikatnya adalah Tuhan karna dia putra yang dititipkan Tuhan. Kemudian Ia menyampaikan pengajaran kepada manusia. Orang-orang yang membencinya telah menghukum dan menyalibnnya. Memang Tuhan mengirimkannya untuk disalibkan  gunanya untuk menembus dosa Nabi Adam dan seluruh anak cucuya. Demikianlah keyakinan yang diajarkan Paulus.
Adapun sari ajaran agama Paulus yang terkenal dalam agama Kristen ini adalah:
1.        Agama masehi bukan untuk orang yahudi saja, tetapi adalah untuk seluruh bangsa-bangsa.
2.        Tri Tunggal, tiga Tuhan dalam satu termasuk ketuhanan Almasih dan ketuhanan Roh kudus,
3.        Wujud isa sebagai anak Tuhan dan turunannya kebumi untuk menebus dosa dari manusia.
4.         Isa Al-Masih bangkit dari alam mait untuk duduk-duduk dikanan AyahnYa memerintah manusia.

Kitab Suci Agama Nasrani
Nabi lsa diberi Tuhan sebuah kitab bernama lnjil, untuk disampaikan kepada kaum Bani israil. Kedatangan Isa tidaklah membatalkan hukum Taurat. Bahkan Nabi lsa sendiri  berkata bahwa Aku datangtidak akan merobah hukum Taurat bahkan setitik ataupun sebaris sampai dunia ini kiamat. Hokum Taurat itu akan ditegakkan.
Injil artinya khabar suka atau berita gembira, jika dilihat dari segi bahasa, kata-kata lnjil berasal dari bahasa Yunani. orang-orang kristen sekarang menamai Injil dengan
perjanjian baru atau Wasiat baru.
Adapun yang dimaksud dengan lnjil wasiat baru oleh umat Chrisstus sekarang ialah:
1.        lnjil Matius ditulis tahun 50
2.        lnjil Markus ditulis tahun 70
3.         lnjil Lukas ditulis tahun 95
4.         Injil YahYa ditulis tahun 100
Isi keempat lnjil itu bukanlah merupakan firman Tuhan kepada Nabi lsa, tapi hanyalah karangan manusia biasa yang mengisahkan kelahiran Nabi lsa, kehidupannya
pengajarannya, dan penderitaannya.
Selain ke empat lnjil yang diatas, masih ada beberapa lnjil lain, yang isinya membentangkan sejarah kehidupan dan pengajaran Almasih. Tetapi lnjil-injil yang lain itu telah dibatalkan pemakaiannya semenjak abad kedua (180 M) oleh Gereja-gereia Kristen. Hanya ke empat lnjil yang diatas itu sajalah yang diakui, sampai sekarang.
Larangan pemakaian lnjil yang lain itu, karna isinya lebih menjelaskan pengajaran Almasih yang asli (Tauhid), sedang yang empat itu lebih cocok dengan faham-faham mereka Yang menganut Trinitas.
Adapun lnjil-injil yang dibatalkan adalah:
1.        lnjil Petrus
2.        lnjil Kopty
3.        lbrani
4.        lnjil Barnaba.
Barbana menjelaskan sebab-sebab yang mendorongnya untuk mengarang Injil ini dalam mukadimah yang ditulisnya didalam Injil tersebut yang isinya sebagai berikut:
“ Hai saudara-saudaraku yang tercinta! Sesungguhnya Allah Yang Maha Besar telah mengambil Nabinya dewasa ini dari kalanganan kita, yaitu Yesus yang didatangkan dengan Rahmat yang sangat besar untuk mengajar dan sesungguhnya, ayat-ayat telah di jadikan setan alat yang menyesatkan orang banyak dengan alasan taqwa, mengajar mereka supaya sangat kufur mendakwakan bahwa Al Masih  adalah anak Allah dan menolak khitan yang selalu diperintahkan oleh Allah, serta memperbolehkan semua daging yang najis.Di antara mereka yang sesat itu adalah paulus. Kami merasasedih bila berbicara tentang dia. Sebenarnya kerena dialah kami menulis kebenaran ini yang kami dengar dan yang kami lihat waktu kami bergaul dengan Yesus supayakamu selamat dan tidak disesatkan setan sehingga kamu musnah dalam penyiksaan Allah.Oleh karena itu waspadalah terhadap semua orang yang menyeru ajaran baru kepadamu yang bertenbtangan dengan apa yang kami tulis agar kamu selamat selamnya.
Berbana menjelaskan pendakwaan ketuhan Al masih dimulai pada waktu Al Masih hidup karena mukjizat-mukjizatnya dan haluanya kearah menghidupkan orang-orang mati serta menyembuhkan orang berpenyakit belang dan sebagainya yang tidak dialami oleh manusia sebelumnya.
Barnana berkata, “yesus pada tahun kedua turun dari tugas kenabiannya dari Jerussalem ke Naiin. Ketika beliau mendekat ke pintu kotatersebut, penduduK kota itu membawa seorang anak tunggal seorang janda kekuburan dan setiap orang meratapinya. Ketika yesus sampai disitu, orang-oran mengetahui bahwa yang datang itu adalah Yesus, nabi yang terhorrnat, karna itu mereka bermohon sungguh-sungguh kepadanya agar beliau menghidupkan mayat itu karna beliau adalah seorang nabi. Maka Al-Masih tampil dihadapan ibu mayat itu seraya berkata kepadanya dengan penuh kasihsayang, janganlah kamu. Menangis ,hai wanita!’ selanjutnya beliau memegang tangan simayat itu dan berkata, saya berkata kepadamu, hai pemuda, diatas nama Allah berdirilah segera. ‘anak itupun sadar”
Kejadian-kejadian lsa menyembuhkan orang-orang sakit dan
Menghidupkan orang mati berulang-ulang terjadi, Kejadian ini menarik manusia untuk merasa dan menyatakan bahwa la adalah Tuhan, padahal lsa sendiri menginkarkan ketuhanannya dan berteriak dimuka mereka yang sesat itu karna
Mereka tetah jauh dari kebenaran.Tapi, Paulus menerima anggapan-anggapan itu dan dialahnya, menjadi suatu filsafat dan disiarkannya dengan giat setelah ia mengaku dirinya seorang rasul dan ia berbicara diatas nama Al-Masih.
Adapun perbedaan lnjil ini dengan lnjil yang empat adalah:
1.        BahwaYesus mengingkari ketuhanannya dan juga mengingkari  bahwa ia adalalah anak Tuhan.
2.        Bahwa anak yang dikorbankan oleh Ibrahim ialah Ismail bukan Ishak.
3.        Bahwa Al Masihyang dinanti-nanti bukan yesus tetapi Muhammad.
4.        Bahwa tidak disalib  tetapi diangkat ke langit,dan disalib itu adalah judas yang diserupakan dengannya.[1]
5.        lnjil Barnaba dengan tegas menyatakan bahwa bersunat/ khitan itu wajib.

Syiar agama Kristen yang terpenting bagi mereka adalah:
1.        Babtis :caranya menyiramkan air kekening seseorang, atau merendamkan salah Satu anggota badannya kedalam air, atau memandikan seluruh tubuhnya. Babtis ini dilakukan oleh pendeta, yang membabtiskan diatas nama Bapak, anak dan Roh kudus.
2.        Santapan malam ketuhanan: jamuan dimalam itu,seperti telah disebutkan ialah roti, anngur/arak, yang menurut keyakinan mereka, roti itu akan menjadi tulang dan daging Yesus dan anngur/arak itu akan menjadi darahnya.
3.        Kesucian salib dan memakainya.
Dengan berkembang dan tersebar luasnya agama Kristen di dunia Eropa bahagian selatan dan tengah,  muncullah suatu cita-cita baru dari kalangan para pemimpin agama, negarawan dan cendikiawan untuk mempengaruhi Negara-negara lain dalam bidang keagamaan, kepercayaan, kebudayaan, adat istiadat dan politik kenegaraan. Pada waktu itu Negara-negara Eropa terbagi atas dua kekaisaran yaitu kekaisaran Romawi timur dan kekaisaran Romawi barat yang satu sama lain saling berlomba untuk menanamkan pengaruhnya pada Negara-negara yang berdekatan.
Pada tahun 1054 M, dimana secara terpisahkan Gereja menjadi Rum Khatolik yaang berpusat di Roma dan Yunani dan Khatolik yang berpusat di Konstantinopel. Pembagian gereja ini menjadi sector besar didasarkan kepada letak daerah kekuasaan, politik, pemerintahan Negara, kebudayaan, organisasi gereja dan pemahaman para ahli agama pada Al-kitab.
Perkembang selanjutya dari Agama Kristen ini terus mengalami pertentanggan- pertentangan sehingga menimbulkan perpecahan. Yang sangat sengit adalah perpecahan Gereja Barat ( Gereja Roma Katholik). Sebab-sebab timbulnya perpecahan itu adalah:
1.        Paus bertindak sudah melampau batas-batas wewenangnya. Artinya sudah Seperti raja yang ingin mengurus soal-soal keduniawian, tidak hanya sebagai pemimpin kerohaniaan saja.
2.        Paus sudah bertindak banyak diluar batas yang sudah ditetapkan kitab suci.
3.        Paus sudah berani menganjurkan kepada semua umat Kristen supaya membeli Surat-surat pengampunan, penembus dosa secara besar-besar.
Berdasarkan tindakan-tindakan Paus itu maka timbullah reaksi-reaksi ketidak senangan rakyat terhadap tindakan Paus itu secara resmi mencapai puncaknya pada tahun 1517 M.
Roma Khatolik mengalami perpecahan yakni menjadi Rum Khatolik dan Protestan Perpecahan itu terjadi pada tanggal 31 Oktober 1517, yang dipelopori.oleh Luther yang berpangkal pada masalah penjualan surat penghapusaan siksa oleh Paus.

Adapun perbedaan antara Khatolik dan Protestan ialah:
1.       Protestan memberi kebebasan kepada para pengikutnya untuk menyelidiki dan memahamkan lnjil walaupun sampai kepada hal-hal yang mengenai kepercayaan. Sedang Khatolik melarangnya.
2.      Roma Khatolik menganggap bahwa paus dan pendeta adalah orang-orang suci yang boleh didibadati, karna itu mereka berhak menerima penebusan dosa dari seseorang dengan pembayaran yang disukainya, begitupun pahala dan bahagia akhirat dapat dibeli dari paus. Sedangkan Protesatan menentangnya.
3.      Khatolik mengorganisir seluruh Gereja Khatolik dan semua penganutnya tunduk kepada seorang lmam (paus) di Roma, sedang Protestan tidak.
4.      Khatholik melarang para imam atau pendeta-pendetanya untuk kawin, sedang Protestah tidak melarang.
5.      orang Protestan menorak ajaran Katholik yang menganggap roti dan anggur dalam penjamuan missa suci benar-benar akan menjadi tubuh dan darah Yesus kristus.
6.      Hak antara orang biasa dan para imam dalam perjamuan suci bagi protestan sama saja, sedang bagi Khatolik diperbedakan.
Itulah perbedaan-perbedaan antara Khatolik dan Protestan. Adapun mengenai kepercayaan tentang Tritunggal, tentang ketuhanan Isa, tentang kedatangannya untuk mehebus dosa-dosa segenap manusia, tentang ia disalib, antara Khatolik dan Protestan tidakada perbedaan.

Hari besar Kristen:
1.        Tanggal 25 Desember, yaitu hari natal, hari kelahiran Yesus Kristus.
2.        Tanggal 31 Maret, yaitu hari wafatnya Yesus Kristus.
3.        Tanggal 2-3 Aprii, yaitu hari raya Paskah kedua, dimana pada hari itu diperingati hari kebangkitan Yesus datang menemui murid-muridnya.
4.        Tanggal 11 Mei, hari Mikrajnya Yesus kelangit sesudah empat puluh hari bangun dari kubur.
5.        Pantekosta, yaitu hari raya ke 50 sesudah hari raya paskah kedua.
6.        Tanggal 15 Agustus, yaitu hari raya Santa Maria.
Demikianlah sekitar struktur/bentuk agama Kristen yang sudah berubah dari bentuknya yang asli sebagaimana yang dinyatakan oleh ketiga kitab suci Agama Samawi yaitu Taurat, Al-quran, dan lnjil itu sendiri.

BAB III
KESIMPULAN
Adapun sari ajaran agama Paulus yang terkenal dalam agama Kristen ini adalah:
1.        Agama masehi bukan untuk orang yahudi saja, tetapi adalah untuk seluruh bangsa-bangsa.
2.        Tri Tunggal, tiga Tuhan dalam satu termasuk ketuhanan Almasih dan ketuhanan Roh kudus,
3.        Wujud isa sebagai anak Tuhan dan turunannya kebumi untuk menebus dosa dari manusia.
4.         Isa Al-Masih bangkit dari alam mait untuk duduk-duduk dikanan Ayahnya memerintah manusia.
Sebab-sebab timbulnya perpecahan itu adalah:
1.        Paus bertindak sudah melampau batas-batas wewenangnya. Artinya sudah Seperti raja yang ingin mengurus soal-soal keduniawian, tidak hanya sebagai pemimpin kerohaniaan saja.
2.        Paus sudah bertindak banyak diluar batas yang sudah ditetapkan kitab suci.
3.        Paus sudah berani menganjurkan kepada semua umat Kristen supaya membeli Surat-surat pengampunan, penembus dosa secara besar-besar.




DAFTAR PUSTAKA

Yakub, A, T, 1993, Perbandingan Agama, Padang : IAIN Imam Bonjol Padang.
Hakim, A, 2006, Perbandingan Agama, Bandung : CV Penerbit Diponegoro.
Syalabi, A,        , Perbandingan Agama-Agama Kristen, Bandung : PT.Al-Ma’arif.
.



[1]

0 komentar: